Membuat Backup Image Windows 10 V 1909 NoteBook HP ProBook 440 G5 dengan Acronis 2017


Kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana caranya membuat backup image Windows 10 V 1909 pada NoteBook HP ProBook 440 G5 dengan Acronis 2017.

Sudah kita ketahui bersama saat ini notebook dengan system operasi Windows 7 agar dilakukan upgrade menggunakan OS terbaru minimal Windows 8.1 yang masih mendapatkan path update security dari Microsoft, sehingga Notebook yang bertype lama mau tidak mau di replace menggunakan notebook type baru yang support dengan system operasi tersebut.

Case ini terjadi pada kantor tempat saya bekerja dimana Notebook lawas di replace menggunakan type HP Probook 440 G5, namun jika kamu perhatikan versi windows bawaan notebook tersebut masih versi lawas yaitu 1803 dimana versi windows saat ini adalah versi 1909.

Dengan kondisi seperti penjabaran diatas notebook digunakan oleh pengguna dengan versi 1803 maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi update yang cukup besar yang berimpact pada bandwitch cabang.

Oleh karena itu tidak salahnya untuk meminimalisir problem lambat pada jaringan maka perlu dilakukan preventive penanganan yaitu dengan cara notebook HP ProBook 440 G5 tersebut dilakukan upgrade manual atau fresh install ke versi terbaru yaitu 1909.

Namun bagaimana jika notebook yang akan dilakukan upgrade atau fresh install device nya cukup banyak…?, tentunya melelahkan dan memakan waktu juga ya.

Jalan terbaik adalah melakukan backup image yang tentunya image yang akan dilakukan backup syaratnya :

  • Windows sudah update terbaru 1909
  • sudah terinstall aplikasi mandatory (seperti antivirus, Microsoft Office, dan aplikasi standart lainnya)

Setelah semua syarat diatas terpenuhi, langkah selanjutnya lakukan backup image windows tersebut, disini saya menggunakan  Acronis 2017, dan berikut step-stepnya :


Backup image windows Notebook HP Probook 440 G5

Langkah awal anda harus disabled secure boot terlebih dahulu, kemudian jalankan step dibawah ini :

  • aktifkan legacy dan disable secure boot pada bios
  • Jika bitlocker aktif maka non aktifkan terlebih dahulu
  • Siapkan bootable flashdisk Acronis 2017 atau yang terbaru
  • Pasang dan hidupkan NB dengan menekan tombol F9, kemudian pilih booting from Flashdisk
  • untuk lebih jelas, saya sertakan capture dibawah

tampilan menu awal Acronis

1 1

Pilih menu Backup dan selanjutnya pilih Disk and partition backup

2 1

Selanjutnya ceklist disk yang akan di ikut sertakan ke dalam backup, ikuti saja seperti contoh diatas, kemudian next

3 1

Selanjutnya pilih Craete new backup archive, click tombol browser untuk menentukan lokasi backup,berinama backupnya, dan jika sudah click tombol next

4 1

Langkah selanjutnya kamu akan ditampilkan summary proses yang akan dilakukan, disini kamu bisa cek apakah setingan yang sudah dibuat sesuai atau belum, jika sudah kamu bisa tekan tombol Proceed

5 1

Setelah click tombol proses pada step sebelumnya, maka saat ini proses backup sedang berjalan, jangan lupa ceklist menu shutdown the computer when the operation is completed, atau kamu bisa pilih restart.

6 1

Setelah selesai maka NB akan shutdown atau restart sesuai pilihan kamu sebelumnya, dan proses backup pun selesai, serta hasil backup image siap digunakan untuk NB ProBook 440 G5 yang lain.

notes :

  • Proses backup memakan waktu sangat sebentar kurang lebih 5 menit
  • hasil backup image berkapasitas 12GB atau bisa juga kurang dan lebih sesuai aplikasi-aplikasi yang kamu install sebelumnya

Demikian tutorial proses backup Notebook HP ProBook 440 G5 menggunakan Acronis bootable media 2017, semoga bermanfaat dan next akan saya buat artikel tentang me restore image yang sudah dibuat sebelumnya dengan aplikasi yang sama Acronis bootable media 2017

terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *