Windows Update Custom Delivery Optimization Windows 10


Pada artikel sebelumnya penulis pernah posting cara untuk mendisable Windows Update pada Windows 10 menggunakan tools atau script. Cara sebelumnya tersebut dilakukan untuk memaksa windows untuk berhenti update, memaksa system atau service untuk berhenti update, namun bagi anda yang tetap ingin mendapatkan update patch terbaru dari Windows tetapi dengan jadwal update tertentu dan dengan pemakaian bandwidth yang anda bisa atur sendiri saat ini Windows 10 sudah menyematkan menu tersebut yaitu pada menu Windows Update Delivery Optimization.

Sebelum menerapkan customization Windows Update Delivery Optimization tersebut alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana ia bekerja, agar lebih paham dan mengerti cara menggunakannya.


Bagaimana cara kerja Windows Update Delivery Optimization…?

Fungsi nya adalah memungkinkan anda untuk mendapatan pembaharuan Windows dan aplikasi Microsoft Store dari sumber selain Microsoft, seperti PC lain di jaringan lokal anda atau PC terkoneksi internet yang mengunduh file yang sama. Optimalisasi dilakukan bisa untuk PC lain dalam satu jaringan lokal atau internet agar mendapatkan pemutakhiran Windows, serta anda juga dapat mengatur bandwidth yang digunakan agar tetap mendapatkan update terbaru pada PC anda atau PC lain walau dengan koneksi internet yang terbatas.

Pada tips dan triks kali ini penulis menggunakan Windows 10 home versi 1903, langsung aja bagaimana cara mengontrol Windows Update Delivery Optimization

Untuk berhenti mendownlaod update pembaharuan Windows 10 dan aplikasi dengan cara :

  1. Pilih tombol start, lalu pilih Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced options.
  2. Pilih Delivery Optimization.
  3. Pastikan Allow downloads from other PCs dalam posisi Off (gb1).
1
gb1

Dengan menonaktifkan pilihan tersebut maka anda hanya akan mendapatkan update windows dan aplikasi langsung dari Windows dan dari Microsoft Store dan anda tidak akan mendownload atau upload dari PC lain.

Jika anda menggunakan koneksi internet yang terbatas atau dibatasi, Delivery Optimization tidak akan secara otomatis downlaod atau upload ke PC lain yang terkoneksi

Untuk meng-identifikasi atau men-seting koneksi internet secara terukur atau membatasi dengan cara sebagai berikut :

  • Pilih tombol Start, lalu pilih  Settings > Network & Internet > Wi‑Fi.
  • Pilih nama SSID network yang anda gunakan, (gb2)
2
gb2
  • lalu aktifkan Set as metered connection. (gb3)
3
gb3

Dengan teknik diatas Update windows atau aplikasi Microsoft Store sudah anda customization, anda sudah mengatur penggunaan bandwidth internet anda sesuai keinginan  dengan terukur atau dibatasi namun anda masih dapat mendapatkan update dari windows.

Semoga dengan cara diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk digunakan.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *